​Liburan Seru di Kebun Binatang Surabaya

via sindonews.com

Liburan ke Surabaya bareng keluarga, paling tepat bermain di Kebun Binatang Surabaya. Selain punya koleksi binatang yang lengkap, liburan di Kebun Binatang Surabaya juga memberikan pengetahuan dan pengalaman yang pastinya tidak akan terlupakan. Apalagi bagi yang punya anak kecil seperti saya.

Sejak puluhan tahun lalu, Kebun Binatang Surabaya menjadi tempat wisata di Surabaya yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Bisa dibilang, kebun yang kerap disebut dengan nama Bonbin ini adalah tempat wisata di Surabaya yang paling terkenal.

Salah Satu Kebun Binatang Tertua

Bonbin Surabaya didirikan pada 31 Agustus 1916 karena jasa seorang jurnalis Belanda yang memiliki hobi mengumpulkan binatang. Dulu tempat ini bernama Soerabaiache Planten-dn Dierentuin yang berarti kebun botani dan binatang Surabaya.

via. republika.co.id

Pindah Tempat

Dulunya, tempat wisata di Surabaya ini berlokasi di kawasan Kaliondo. Pada tahun 1917, lokasinya berpindah ke Jalan Groedo dan tiga tahun kemudian pindah ke kawasan Darmo, yang menjadi lokasinya sekarang.

Baca juga : FamilyTrip – Baby F First Flight

Koleksi Lengkap

Ketika pertama kali didirikan, Bonbin Surabaya diisi dengan koleksi binatang milik pribadi, khususnya para pejabat di Surabaya. Namun kemudian fungsinya berubah, dari tempat penampungan koleksi pribadi menjadi sarana pelestarian hewan, taman rekreasi, tempat penelitian dan pendidikan.

Dulu tempat ini tidak dibuka untuk umum, hanya mereka yang memiliki hewan peliharaan yang bisa masuk. Kemudian pada tahun 1918 pengurus Bonbin Surabaya dibuka untuk umum dan pengelola menerapkan tiket masuk.

via. tempo.co

Koleksi Hewan Lengkap

Saat ini, ada lebih dari 2.806 binatang yang ada di Bonbin Surabaya. Berbagai jenis hewan ada di sana, mulai dari mamalia, burung, reptil dan ikan. Bisa dibilang, koleksi Bonbin Surabaya adalah salah satu yang terlengkap di Indonesia.

Bahkan, kebun binatang ini juga menjadi salah satu yang terbesar di Asia Tenggara.

Jam Operasional

Kebun binatang Surabaya terletak di Jl Setail No 1 Wonokromo, Darmo, Surabaya. Tepat di sebelah terminal Joyoboyo yang menjadi penghubung bus dan angkutan antar kota di Surabaya.

Tempat ini buka sejak pukup 08.00 – 16.00 di hari biasa. Dan buka pada pukul 07.30 – 16.30 WIB setiap akhir pekan dan hari libur nasional.

Tak sulit mencari lokasi Bonbin Surabaya. Selain lokasinya di tengah kota, di halamannya juga berdiri patung Suro dan Boyo yang menjadi ikon di Surabaya.

via. ipospedia.com

Wahana Wisata

Tidak hanya sekedar melihat binatang dari balik jeruji kandang, pengunjung juga bisa menikmati wahana wisata yang ada di dalam Kebun Binatang Surabaya. Salah satu atraksi yang paling dicari disana adalah sensasi naik gajah dan unta.

Untuk naik kedua hewan ini, pengunjung harus membeli tiket tambahan dan mengantre. Selain itu pengunjung juga bisa memberi makan hewan tertentu, dengan makanan yang sudah disediakan oleh pihak Bonbin Surabaya.

Ingat, jangan memberikan makan kepada hewan dengan sembarangan. Jangan pula membuang sampah sembarangan di dalam kebun binatang, karena bisa dikonsumsi hewan dan membahayakan kesehatan mereka.

Jogging Track

Sejak pertengahan 2017, pengelola Bonbin membuat jogging track di dalam kawasan kebun binatang. Dengan udara yang asri, penuh dengan pepohonan nan rimbun, jogging track ini cocok digunakan sebagai sarana olahraga baik tua ataupun muda. Untuk menikmati fasilitas ini, pengunjung bisa melakukannya pada pukul 05.00 WIB. Lintasannya sudah dibangun dengan indah, dan pengunjung Bonbin pun belum berdatangan, sehingga suasana lebih tenang.

Mengunjungi Bonbin Surabaya tidak hanya memberikan pengalaman baru, tapi juga pengetahuan tentang kehidupan para hewan yang tinggal di sana.

 

Jadi, kapan kita ke Bonbin Surabaya?

 

 

 

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.