Atasi Gejala ISK dengan Prive Uri Cran

Prive Uri-Cran

Pernah sering banget pengen pipis, tapi pas pipis malah sedikit banget yang keluar dan berasa sakit? Deuh, saya sih sering banget. Pernah juga saya sampai ke dokter karena udah demam dan selalu sakit kalo pipis pas jaman kuliah dulu. Ternyata saya kena Infeksi Saluran Kencing atau Infeksi Saluran Kemih (ISK).

Perempuan memang biasanya kenal banget dengan ISK ini. Riset yang dilakukan Asosiasi Urologis Amerika menyebutkan bahwa 40% perempuan pernah mengalami ISK dibanding 12% laki-laki. Dengan kata lain, you could ask random women in the street lalu 4 dari 10 perempuan yang kamu tanya akan bilang bahwa mereka pernah kena ISK. Sedangkan ketika nanya ke kaum Adam, dari 10 orang, maksimal 2 orang yang kena. Hmm, hampir dua kali lipatnya kan.

Belum lagi, 20% dari perempuan yang pernah kena ISK rentan kena lagi. Jadi semacam penyakit berulang gitu. So, 2 dari 10 perempuan yang pernah kena ISK, akan kena lagi. Further research shows, 1 dari perempuan ini akan kena ISK untuk ketiga kalinya. Hiiy, jadi kita bisa berulang kali kena ISK? ?

Infeksi Saluran Kemih

Sedihnya lagi ISK ini ngga mengenal usia. Memang sih kebanyakan penderita ISK ada di usia produktif. Tapi ternyata perempuan yang ada di usia menopause dan sedang hamil memiliki resiko yang lebih besar untuk kena ISK. Selain itu, bayi juga bisa kena ISK. Cici F kena ISK saat usia 11 bulan ?.

Serem ya sama ISK? Tapi tenang penyakit ini bisa banget dicegah.

Apa gejala ISK?

Yang pertama banget dirasain biasanya anyang-anyangan, atau berasa pengen pipis tapi keluarnya sedikit-sedikit dan sakit. Kalo udah ngerasain yang begini, bawaannya pasti cranky, ngga mau kemana mana dan serba salah. Gimana ga serba salah coba? Mau pipis 5 menit sekali, tapi pas udah di toilet yang keluar dikit banget pake sakit pula ngeluarinnya.

Hal lainnya adalah warna urine kita yang udah keruh cenderung gelap. Saya adalah tipe orang yang menggunakan warna urine sebagai indikator cukup minum. Jadi pas abis pipis biasanya diintip dulu sebelum diflush. Nah, kalo warna urine udah kuning gelap, siap siap deh sedia pertolongan pertama untuk ISK.

Anyang anyangan

Selain anyang-anyangan, sakit pas pipis, dan warna urine gelap, ada tanda lain; Demam. Iyep, sesuai namanya ISK kan infeksi, kalo infeksi otomatis sistem imun di badan akan bekerja dan tanda sistem imun bekerja adalah demam.

Cara Mencegah ISK

Sebelumnya sudah ditulis jika ISK bisa dicegah. Cara paling mudah adalah dengan banyak minum air putih. I know, minum air putih itu pe-er banget. Apalagi kalo uda asyik kerja atau ngga sempet setelah melakukan pekerjaan rumah yang segambreng dan tanpa henti. Tapi gimana dong ya, cara paling jitu memang banyak banyak minum air putih.

Cara yang kedua adalah jangan nahan pipis. Banyak minum = banyak pipis, tapi kalo sering ke kamar mandi juga kok ya rasanya pe er banget. Akhirnya yang terjadi adalah nahan nahan pipis. Sering banget ini kejadian apalagi kalo lagi kagok ngerjain sesuatu. Iya, apa iya?

Di satu sesi bareng temen temen kantor pun, sempet ada yang nyeletuk kalo bad habit yang susah ditinggalkan adalah nahan pipis. Makanya sering banget kena ISK.

Cara ketiga adalah jaga kebersihan vagina. Habis intercourse atau pipis, jangan lupa untuk dibasuh dan dilap pake tisu. One of the benefit of having tissue in the toilet adalah mengeringkan vagina. So use it.

Mencegah anyang-anyangan

Secara kultural, kita memang tidak dikondisikan untuk mengelap vagina selesai dibersihkan. Tapi jika dibiarkan basah, maka hal itu akan membuat celana dalam dan area kewanitaan kita jadi lembab. Kalo lembab maka bakteri akan mudah tumbuh dan menginfeksi badan. I know that vagina is actually a self-cleaning organ and have many good bacterias, but we also need to prevent bad bacteria to grow and infect us.

Mengatasi Gejala ISK

Duh, udah anyang-anyangan, susah dan sakit kalo pipis nih. Terus gimana? Eits, jangan dulu buru buru ke dokter, karena pas kamu ke dokter pun yang akan diresepkan adalah antibiotik. Belum lagi kalo kamu harus cek darah dan urine untuk menegakkan diagnosa dokter. I’m not preventing you to go see a doctor ya, tapi kalo kamu udah yakin banget bahwa yang kamu rasakan adalah gejala ISK, coba dulu home remedies sebelum buru buru ke dokter. Apalagi kalo tanpa demam atau demamnya baru satu hari. Kecuali kalo memang kamu udah demam berhari-hari, atau pipis kamu berdarah banyak atau sakit banget di pinggang. Then you need to go to the doctor. Stat.

Jadi apa yang harus kamu lakukan? Selain banyak minum air putih dan menjaga area kewanitaan tetap bersih nan kering, hindari lah minuman olahan seperti teh, kopi atau sirup. Ini personal preference sih, soalnya kalo saya udah kena gejala ISK dan minumnya teh atau kopi pasti makin berasa anyang-anyangan.

Selain itu, yang saya baca adalah perbanyak konsumsi vitamin C. Kenapa vitamin C? Karena asupan vitamin C yang banyak akan memperlambat bakteri untuk tumbuh dengan membuat urine kita bersifat asam. Asupan vitamin C ini bisa kita dapatkan dari suplemen, atau buah yang mengandung vitamin C, seperti jeruk atau pepaya. Saya yakin kalo buah bervitamin C pasti buibu udah pada hafal di luar kepala ?.

Cara lain yang saya temukan adalah dengan minum jus cranberry. Karena buah cranberry ini diketahui memiliki zat bernama Proanthocyanidin yang berfungsi untuk memperlambat menempelnya bakteri di saluran kemih. And of course jus yang saya maksud adalah jus segar ya, bukan yang dalam sediaan sirup yang sudah ditambah gula.

What? Cranberry kan bukan buah lokal. Nah I know, kita bakal sulit banget dapatkan buah cranberry segar. Tapi jangan khawatir, sekarang sudah ada yang namanya Prive Uri-Cran yang berisi ekstrak buah cranberry, ditambah another shot of vitamin C dan bakteri baik untuk membantu kita mengatasi gejala infeksi saluran kemih.

Prive Uri Cran

Amankah kalo kita konsumsi ekstrak? Tentu aman ya buibu, proses ekstraksi sendiri biasanya dilakukan dengan mesin yang canggih. Lagipula untuk mendapatkan 375mg ekstrak cranberry, bisa jadi ada 375 gram yang diolah. Hampir setengah kilo ya. Jadi dengan minum ekstraknya saja, manfaatnya sama dengan kita minum fresh juice cranberry.

Prive Uri-Cran tersedia dalam 2 bentuk sediaan; serbuk dan kapsul membuat kita punya pilihan mau konsumsi produk yang mana. Ingin sensasi segar yang pas diminum di siang hari ya bisa pilih sediaan serbuk, tapi jika ingin praktis bisa pilih yang kapsul. Tinggal pilih kan, mau segar atau praktis? ?.

Saya berkesempatan buat coba Prive Uri-Cran dalam bentuk serbuk yang dikemas dalam stick pack. Warna kemasan krem hangat dengan font pink fanta cukup estetik dipandang. Nama produk pun terpampang dengan jelas.

Serbuk sendiri berwarna putih dan agak pink. Mungkin yang pink ini adalah ekstrak cranberrynya ya. Rasanya? Asem-asem manis! Dan yang penting ngga ada aftertaste yang ngenekkin.

Bagusnya minum Prive Uri-Cran 2 kali sehari selama 10 hari berturut-turut supaya gejala ISK teratasi. Tapi ingat loh, kalo gejala berlanjut segera hubungi dokter karena ISK bisa membawa kita ke penyakit lain.

Dimana kita bisa beli Prive Uri-Cran? 3 aja apotik atau toko obat berjaringan terdekat di kotamu.

Sekarang saya selalu sedia Prive Uri-Cran di kantor dan di rumah. Buat jaga jaga ketika gejala ISK menyerang maka Prive Uri-Cran bisa jadi penantang.

Cheers,

You may also like

4 Comments

  1. Iya, Mbak. Saya juga cek dari warna urine. Semenjak berhenti konsumsi minuman bersoda, empat tahun terakhir urine saya lebih jernih. *bangga gitu* 😀 Hehehehe..

  2. Lihat warnanya seger mbak.

    Betul sekali, air putih yang cukup sangat bisa membantu cegah anyang-anyangan.

    Pas lagi perjalanan tuh biasanya juga bikin rentan kena ISK karena jarang minum air putih plus ke toilet umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published.