Baby F : 10 Bulan

Bulan ini baby F berusia 10 bulan. Sama sekali ngga berasa. Rasa-rasanya baru kemarin hamil dan lahiran, sekarang anaknya udah heboh merangkak sana-sini.

Jadi, gimana perkembangan baby F selama 10 bulan ini?

Merangkak 

Baby F sudah bisa merangkak dari usia 6 bulan. Sekarang sudah lancar banget merangkak sana sini dan udah berani menyusuri lorong di rumah yang agak panjang.

Rambatan

Fay sudah lancar memanjat dari usia 7 bulan kurang, jadi memang senang pull up di meja atau lemari. Sayangnya, dia masih ngga berani melangkah sendiri, tapi kalo dititah sih udah bisa jalan cepet banget.

Babbling

The clearest vocab adalah Papa. Udah bisa diucapkan sejak 6 bulan meski hilang timbul. Sekarang babbling teriak aaaa….aaaa..dan humming makin sering. Papa diucapkan kalo uda lama ngga ketemu papa-nya. Sepertinya dia udah bisa associate papanya dengan kata papa.

Preferensi

Baby F can show her preferences well. Mulai dari mau digendong sama siapa, mau minum susu apa ngga, makan apa ngga, mau kemana, mau nonton tv atau buka buku.

Sampai usia 4 bulan-an. Baby F ngga bau tangan, mau digendong sama siapa aja. Tapi sekarang? Kalo bukan orang yang diliat setiap hari, gudlak deh. Dia pun bisa nolak loh kalo ngga mau digendong sama seseorang.

Masalah minum susu atau makanan pun begitu, kalo ngga mau, meski udah disodorin dia tetep bakal nolak.

Musik

Baby F suka musik. Apapun jenisnya. Setiap denger musik dia akan sangat excited dan menggerakkan tangan. Dimanapun dengan musik apapun. Dangdut, EDM, Nursery Rhymes, semuanya dia suka.

Lagu Favorit? Cicak cicak di dinding, dia akan mulai ngambil ancang ancang ketawa sejak denger kata nyamuk.

Gigi

Usia 10 bulan tapi baby F belum tumbuh gigi. Padahal gusinya uda bengkak dan putih. Iler juga sering keluar. Tapi kata dokter (dan keluarga) santai aja, ditunggu sampe setahun. Meski belum ada gigi, tapi baby F menggigit dengan gusi dan itu lumayan tajem.

Alergi 

It’s not an improvement, but my baby’s condition. Jadi sejak usia 6 atau 7 bulan gitu, dia divonis dokter alergi protein susu sapi. Bisa dilihat dari nafas yang grok..grok..pas dia tidur, sama kemerahan di pipi yang ngga ilang-ilang.

Kalo diinget-inget sih si merah itu sudah ada dari jaman dia masih ngASI. Kirain karena emang kulit sensitif, tapi mungkin karena terpapar dairy product. Then, baby F sekarang minum susu formula dengan protein terhidrolisa atau bahasa awamnya susu alergi. Lucunya, dia kuat dikasi butter atau keju. Padahal sama sama dairy product.

Selain protein susu sapi, baby F juga dicurigai alergi telur. Gegara dikasih marie regal. Salah aku sih, ngasih biskuit asal aja tanpa dilihat ingredientsnya dulu. Padahal biasanya suka merhatiin banget. Makan Marie Regal 2 hari, langsung bruntusan dan susah pup sampe berdarah.

Buru-buru ke dokter, dikasih opilax dan suppos, pup pun lancar meski rewel beberapa hari.

Apa lagi ya? Udah kayaknya. Yang pasti anaknya lucu banget kalo udah senyum (Semua orang gituu kali), dan sekarang lebih berani eksplorasi dan banyak akal. Tapi default wajah masih judes dan hobi banget ngeliatin orang baru. Bisa diliat tanpa kedip.
Nih bonus satu foto baby F.

See you on the next post,

Momma G

3 thoughts on “Baby F : 10 Bulan

Leave a Reply

Your email address will not be published.