Bahan Praktis untuk Sahur

Tidak terasa bulan puasa tahun 2018 sudah berjalan beberapa hari. Semoga yang melaksanakan ibadah puasa diberikan kemudahan dan kelancaran ya. Menulis soal puasa, selain tentang ibadah, yang cukup seru ditulis adalah menu makanan, baik untuk berbuka maupun untuk sahur. Mak Heni Puspita sudah menuliskan tentang bumbu dasar homemade, pun teman teman saya di kelompok Raisa.

Cek kumpulan tips & resep praktis kelompok Raisa yuk!

Sambal Praktis | Omelet | Beef Teriyaki | Tahu Bumbu Bali | Tips Praktis ala Dapur Ima

Menyiapkan sahur bagi saya sangat menantang, karena selain saya ngga terlalu pintar masak, saya pun tipe yang susah bangun dan rasanya perjuangan banget buat nyiapin sahur. Makanya pas lajang dulu saya tipe yang sahur cukup dengan semangkuk sereal dan segelas susu atau dengan 3 buah pisang. Ngga tau juga deh dulu kok bisa ya tahan ngga makan dan minum dengan asupan minim meski beraktifitas seperti biasa, soalnya kalo sekarang sepertinya tak sanggup. Well, udahan ah ngelanturnya sekarang saya mau berbagi bahan wajib yang harus ada di kulkas rumah untuk menyiapkan sahur dengan praktis no ribet tapi masih sehat

1. Telur

Ini adalah salah satu bahan yang wajib ada ya Maks. Satu bahan ini bisa membuahkan beberapa jenis masakan. Bisa untuk telur ceplok alias telur mata sapi, telur dadar, orak-arik, telur balado atau sajian telur lainnya. Memasaknya juga gampang, praktis dan hemat waktu.

Salah satu resep andalan adalah telur dadar isi sayur. Bahannya hanya telur dan sayuran yang ada di rumah. Paling enak dengan wortel dan buncis. Tinggal kocok telur serta sayuran yang sudah diiris tipis, masukkan bumbu dan goreng. Voila, telur plus sayur sudah bisa kita nikmati untuk sahur.

2. Dendeng sapi

Ini sebetulnya salah satu comfort food buat saya. Dari kecil, kalo lagi susah makan tinggal goreng dendeng dan bikin buttered rice ala ala bisa bikin saya makan dengan lahap. Rasa dendeng sapi yang manis, bercampur rempah dan gurihnya nasi bermentega membuat nafsu makan saya naik berkali lipat.

Bisa juga nih dicontek untuk hidangan sahur, tinggal menyiapkan dendeng yang digoreng dalam waktu singkat, dan nasi panas yang dicampur dengan mentega. Pingin lebih berasa? Cairkan mentega, tumis bawang putih dan masukan nasi, koreksi rasa sebelum disajikan.

3. Ayam ungkep

Kalo yang ini sudah pasti menjadi andalan ibuibu seantero nusantara. Ayam yang sudah diungkep bisa awet ketika dimasukkan ke dalam kulkas. Lalu goreng sebelum sahur. Ayam, nasi atau kentang, plus saos tentu jadi sajian nikmat keluarga.

Saya ga usah tulis resep ayam ungkep ya. Yakin banget kalo Emaks semua udah pada jago. Kalo saya sih kadang pake bumbu jadi biar lebih praktis.

4. Abon

Ini merupakan comfort food lainnya. Plus menu andalan ketika kesiangan bangun sahur. Beberapa kali pernah saya kesiangan bangun sahur, baik itu pas masih kecil dan orang tua saya telat bangun, atau pas lajang karena lupa pasang alarm.

Kalau sudah begini, ya abon to the rescue. Nasi campur abon sudah cukup mengenyangkan. Karbohidrat plus protein sudah didapat lah ya meski kurang serat. Kalo masih ada waktu sebelum subuh, makan buah wajib hukumnya supaya asupan serat terjaga.

Nah Emaks, selamat menunaikan ibadah puasa ya.

Cheers,

3 thoughts on “Bahan Praktis untuk Sahur

  1. Telur + ayam ungkep memang stock yg ga boleh habis mbak. Wah, bisa kacau dunia persilatan kalau 2 bahan utama ini habis. Hehehe. Apalagi buat anakku, telur adalah segalanya buat dia. Diceplok, didadar, orak arik, goreng bulat dan lainnya pasti makannya lahap.

Leave a Reply

Your email address will not be published.