Bersih-Bersih Bersama Heloklin

Beberapa minggu lalu cici F sempat kena batuk pilek tanpa demam. Setelah beberapa kali muntah padahal udah minum obat pengencer dahak, akhirnya saya bawa baby F ke dokter anak langganan. Ndilalah yang diresepkan adalah jenis obat alergi, dan baby F sembuh dengan obat itu. Batuk reda, batita kembali ceria.

Saya sempat penasaran kira-kira apa pencetusnya tapi ya saya ngga cari tahu lebih lanjut karena anaknya udah sembuh. (Mommy fail!) Lagian cici F emang punya riwayat alergi. Jadi ya udahlah ya, sampai suatu pagi cici F bangun dengan bentol-bentol kecil di sekitar jidat. Padahal malemnya masih mulus dan saya yakin ngga ada nyamuk karena saya (yang rentan banget digigit nyamuk) ngga kena gigitan apapun.

Dari situ saya mulai curiga, jangan jangan ini tungau atau dustmites. Dulu sempat baca di explore IG tentang tungau dan si makhluk mikroskopik ini makan kulit mati kita yang tercecer. Apakah tungau ini menggigit kita? Ternyata ngga, hanya saja kotoran dan kulit tungau yang terkelupas bisa menjadi pencetus alergi. Alerginya bisa dalam bentuk bentol-bentol, batuk atau kalau yang punya asma, bisa jadi trigger kambuhnya asma.

Berbekal pengetahuan tersebut, saya pun explore di IG tentang jasa penyedia layanan sedot tungau. Kenapa IG, bukan google? Karena udah pernah liat iklan jasa layanan wira wiri di salah satu akun yang saya follow dan pernah tampil sebagai iklan.

Setelah melakukan perbandingan harga, pilihan akhirnya jatuh pada heloklin karena harganya lebih terjangkau, ada promo dan pengerjaan vacuum kasur yang sampai 3x hingga air mendekati jernih. Tek tok sama CS heloklin dan L, akhirnya kami booked jasa heloklin untuk Sabtu (3/3). Awalnya saya dijanjikan bahwa petugas akan datang jam 10, tapi kemudian CS heloklin minta dimajukan jam 9. Waduh, weekend plus babies in the house membuat saya bernegosiasi dengan CS supaya jadi 9.30 aja biar ngga terlalu buru-buru.

Tepat jam 9.30, petugas heloklin sudah datang dan langsung membongkar peralatan vacuum. Vacuum yang digunakan tentu bukan vacuum biasa, tapi Hydro Vacuum dengan HEPA filter. Vacuum biasa kan mempunyai kantong debu tuh yang harus kita bersihkan manual dan bikin debu berterbangan lagi. Nah, kalo hydro vacuum itu si debu diikat dengan air alias kantong debu berubah menjadi wadah air. Jadi debu dan kotoran nanti berbentuk cairan. HEPA filter sendiri adalah alat yang bertugas untuk menyaring mikro partikel berbahaya yang ngga terikat oleh air. Petugas dari Heloklin ini mengedukasi kita juga kok soal vacuum yang digunakan.

Alat vacuum
Penyedot yang digunakan

Proses pengerjaan dimulai dari kamar Mama L dan berakhir di ruang tengah untuk pengerjaan karpet dan sofa. Satu ruangan biasanya dikerjakan sekitar 1 jam. Soalnya kalau kasur kan memang dikerjakan beberapa kali hingga air hampir jernih. Kalau sofa atau karpet hanya satu kali saja, kecuali kalo penasaran haha.

Oh iya, selama pengerjaan juga kita diberikan pemakaian diffuser aromatherapy young living gratis. Petugas bawa 2 jenis EO, lemongrass dan Peppermint. Jadinya setelah divacuum, kamar jadi terasa segar juga.

Diffuser
Diffuser Aromatherapy

Metode pengerjaan sendiri sebetulnya sama saja seperti vacuum biasa. Hanya saja agak repot untuk ganti-ganti air. Yang divacuum juga sisi depan belakang atau atas bawah untuk sofa dan kasur, kalo karpet memang hanya atasnya saja.

Selain jenis kasur spring-bed, kasur kapuk juga ternyata bisa divacuum juga loh. Kemarin itu memang kita pesan untuk semua kasur, termasuk kasur bibi yang mana suka dipakai cici F tidur siang kalo emak bapaknya lagi kerja. Awalnya petugas agak ragu karena ngga pernah ngerjain vacuum kasur kapuk sebelumnya, tapi dia mau coba dan akhirnya bisa. Tapi kasur kapuk ini cukup 3 kali pengerjaan. Kalo lebih dari 3 kali takut kapuknya kesedot juga.

Hasil Vacuum
Hasil vacuum pertama

Setiap habis satu sesi vacuum, petugas akan memanggil kita untuk melihat hasilnya. Pas diliat di air emang geli geli jijik liatnya. Foto diatas menunjukkan hasil dari hasil vacuum pertama di kasur spring bed, kapuk, sofa dan karpet.

Karpet jadi item yang paling kotor karena memang disimpan di ruang terbuka dan digunakan banyak orang. Gentle reminder buat buibu dengan bayi: kasur bayi, kasur palembang atau seenggaknya kain perlak is must ya. Jangan biarkan bayi tergeletak atau tengkurep di karpet aja. Kotor ternyata. Kalo lagi belajar merangkak atau tummy time dan pengen alas yang ngga seempuk kasur, playmat bayi udah paling bener. Mahal sih, tapi bisa lebih bersih karena bisa lebih sering dilap.

Kamar 4 which is yang saya tempati jadi kasur yang paling wow. Ya saya sih sadar diri, sebagai penderita psoriasis ya pasti itu serpihan kulit banyak di kasur. Eh tapi sebetulnya itu bukan di kasurnya per se, tapi mattress protector yang paling kotor.

Klaim pengerjaan vacuum kasur berkali kali sampai air nyaris jernih juga dilakukan. Berikut bukti nyata kalo kasur kita sudah lebih bersih. Terang benderang banget kan perbedaannya.

Hasil vacuum beberapa kali
Hasil beberapa kali pengerjaan

Total waktu pengerjaan sekitar 6 jam lebih. Setelah selesai vacuum, petugas akan membereskan peralatan lalu baru lanjut menghitung biaya yang harus dikeluarkan. Untuk sofa dan karpet, petugas mengukur dengan menggunakan meteran. Baru dicek ke daftar harga. Setelah itu petugas akan menghitung total dan memberikan nota pada kita. Pembayaran bisa dilakukan melalui transfer atau cash. Tapi biar aman sih better pake transfer, mengurangi beban moral petugasnya bawa uang cash. Oh iya heloklin ini lagi dalam proses transisi pake apps juga sih, dimana petugas memasukkan data dan layanan yang kita ambil lewat apps lalu ada sms notifikasi ke handphone dimana kita bisa liat total transaksi dan ngasih feedback soal petugas yang membersihkan.

Nah, berapa biaya yang dikeluarkan? Untuk kemarin yang memang vacuum 5 kasur, 2 buah sofa, 1 karpet dan 10 bantal tambahan total yang harusnya dibayarkan 800ribuan, tapi karena dapat diskon 20% (10% karena transaksi lebih dari 500ribu, 10% karena posting di social media) jadi saya bayar 600ribuan saja di luar tip. Berasa sih ya, tapi mengingat harga vacuum yang 20juta, dan effort dari petugas. Ya worth it lah.

Overall saya puas dengan jasanya, dan bakal reorder lagi mungkin 6 bulan depan. Untuk informasi lebih lengkap bisa langsung cek instagram heloklin.id atau langsung whatsapp ke 082236363645.

See you on another post.

Signature

2 thoughts on “Bersih-Bersih Bersama Heloklin

Leave a Reply

Your email address will not be published.