Jajanan Khas Priangan: Bakso Aci a.k.a Cilok Kuah

Yeay #KEBBloggingCollab datang lagi dengan pengaturan yang berbeda dari #KEBBloggingCollab yang saya ikuti tahun lalu. Kalau tahun lalu kita respon posting dari teman satu grup, kali ini kita merespon posting teman berbeda grup. Jujur saja setelah post trigger yang ditulis MakRina Susanti tayang di KEB, saya sempat kebingungan mau menulis apa karena memang jarang ke dapur dan kuliner Nusantara itu kan terkenal dengan bumbu yang melimpah, lah gimana dengan saya yang bedain antara Jahe dan Lengkuas saja masih suka salah?

Tapi kebetulan banget beberapa hari sebelum blog post tersebut tayang, whatsapp grup teman-teman SMA sedang heboh tentang resep camilan. Jadi ada teman saya yang lagi di Surabaya dan pengen banget nyoba masak si cemilan ini dan nanya resepnya di grup yang ada beberapa teman saya udah hapal dan emang masakannya enak banget. Camilan apakah itu? Bakso Aci.

Mungkin ngga begitu banyak yang tahu tentang bakso aci. Sebetulnya ini sama aja dengan cilok tapi dikasih kuah. Bakso aci alias cilok ini merupakan kudapan yang heits banget jaman saya sekolah. Tiap ngumpul di rumah temen dan papasakan, temen temen saya biasanya bikin bakso aci. Soalnya murah, cepat dan gampang dibikin.

Baca juga blog post dari Kelompok Raissa yuk!

Mak Ima | Mak Merry | Mak Farida |Mak Indi | Mak Ery

Apa saja sih resepnya? Nih saya jembreng:

Adonan Bakso Aci

Tepung Kanji 250gr

Tepung terigu 125gr

Sedikit Garam

Bawang daun, dicincang

Daging ayam/sapi cincang ditumis dan dibumbui untuk isi bakso Aci

Kuah Bakso Aci

Kaldu ayam/sapi

Bumbu Atom/penyedap rasa

Garam

(Baca juga: Kuliner khas pekalongan)

Cara membuat:

1. Campurkan tepung kanji, tepung terigu dan bawang daun, siram dengan air mendidih sedikit sediikit., aduk hingga kalis

2. Bentuk adonan bulat bulat dan masukkan isian.

3. Setelah selesai rebus dengan air mendidih hingga matang. Ciri matang adalah bakso aci akan mengambang di atas.

4. Sambil menunggu bakso aci matang, bisa sambil merebus kaldu untuk kuah, masukkan garam gula dan penyedap rasa.

5. Setelah bakso aci matang, masukkan ke dalam air es sebentar agar bakso tidak lengket atau menempel antara satu dan lainnya. Angkat lalu tiriskan.

(Baca juga: Mencicipi kuliner khas Magelang)

6. Setelah kuah siap, tinggal masukkan bakso aci dan pelengkap yang diinginkan.

7. Bakso Aci siap disajikan

Mudah kan caranya? Resep dan cara pembuatan bakso aci tersebut saya rangkum dari pembicaraan grup whatsapp. Teman saya yang di Surabaya sudah mencoba dan berhasil. Saya? Masih menikmati Bakso Aci instan langganan yang dikirim dari Tasik.

See you on another post,

3 thoughts on “Jajanan Khas Priangan: Bakso Aci a.k.a Cilok Kuah

Leave a Reply

Your email address will not be published.