Mengenal Obat Herbal

Di negara Indonesia, banyak sekali tumbuhan yang tersebar di berbagai pelosok daerah. Di masing-masing daerah pun mempunyai resep tersendiri dalam pengolahan obat herbal . Tapi, saat ini semakin sedikit orang yang menggunakan tanaman obat untuk mengobati penyakitnya. Mereka lebih memilih berobat dengan obat modern yang mengandung zat kimia, bahkan ada yang berobat sampai ke luar negeri. Padahal bila mengkonsumsi obat kimia dalam jangka panjang, apalagi tanpa pengawasan dokter bisa menimbulkan penyakit lain.

Biaya pengobatan saat ini semakin mahal, oleh karena itu obat-obatan dari tanaman tradisional ini mungkin bisa dijadikan alternatif untuk mengobati penyakit. Dengan mengolah obat herbal dari tanaman tradisional maka akan meminimalisir efek samping dari obat yang telah digunakan. Berikut adalah beberapa jenis tanaman yang bisa berkhasiat dan mengobati berbagai macam penyakit yang bisa diracik di rumah.

Temu Lawak

Temu lawak merupakan tumbuhan asli Indonesia yang mempunyai banyak khasiat. Bagian akarnya bisa di gunakan sebagai obat untuk mengatasi gangguan ginjal, melancarkan pencernaan, menyehatkan jantung.

Lidah Buaya

Lidah Buaya mempunyai sejuta manfaat, salah satu fungsi utamanya adalah untuk kesehatan rambut, menghilangkat jerawat, dan untuk kecantikan kulit. Sebagai tanaman obat, Lidah Buaya mengobati  serangan jantung, diabetes, radang tenggorokan, sembelit, dan banyak lagi khasiat lainya

Daun Cincau

Selain sering di olah menjadi makanan yang lezat, Daun Cincau bisa mengobati radang lambung, diabetes militus, sakit types.

Alpukat
Tanaman yang satu ini sering dijadikan untuk bahan masker, Alpukat juga bisa menurunkan kolestrol, sakit maag, pencegahan kanker,juga mengandung berbagai macam vitamin

Biji Mahoni

Bukan saja batangnya yang bermanfaat, ternyata biji mahoni bisa dijadikan obat. Biji mahoni bisa mengobati rematik, kurang nafsu makan, demam, masuk angin, dan eczema.

Ciplukan
Tumbuhan liar ini sering kita jumpai di lading atau pesawahan. Ternyata buah ini terkenal akan manfaatnya, khasiatnya bisa untuk mengobati asma, sakit tenggorrokan, kencing manis, kanker payudara, sakit paru-paru dan sebagainya.

Beberapa jenis tumbuhan tradisional diatas bisa anda manfaatkan sebagai obat herbal yang alami untuk kesehatan anda. Namun jika  kesulitan untuk mendapatkannya, anda bisa memesannya melalui GoApotik secara online.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.