Scriptake: Look at Me Review

You can’t just go and die, when everything’s up in the air like this

Kalimat tersebut adalah penggalan yang cukup menyentuh hati saya ketika membaca novel yang satu ini. Ditulis dengan menarik oleh Mareike Krügel dan diterjemahkan dengan apik oleh Imogen Taylor, pembaca akan dibawa dalam dunia Katharina, atau Kat, seorang ibu rumah tangga yang memiliki aspirasi sebagai musicologist tapi kemudian memilih untuk bekerja paruh waktu sebagai guru musik di sebuah TK dan draft tesisnya teronggok di laci meja.

The Book

Katharina digambarkan sebagai seorang ibu rumah tangga yang sibuk. Kesehariannya penuh dengan to-do list yang seolah tak pernah selesai. Satu kegiatan disambung dengan satu aktifitas lain. Belum lagi jika ada peristiwa darurat yang menimpa anaknya atau tetangganya. Maka semakin hectic lah hari-hari yang harus dilalui Kat. To do list pekerjaan jadi makin menumpuk. 

Berikut adalah excerpt yang saya dapat dari publisher resmi-nya ya. Sila dibaca untuk mendapat sinopsis yang lebih lengkap. 

Katharina’s husband isn’t coming home for the weekend—again—so she’s on her own. When their chaotic daughter Helli has a nosebleed, Kat has to dash off to school to pick her up.

Then their son, Alex, announces he’s bringing his new girlfriend home for the first time. Kat’s best friend from college is coming around tonight too, and she’s wondering if she should try to seduce him—but first she needs to do the shopping, the vacuuming and the laundry, deal with an exploding clothes-dryer, find their neighbour’s severed thumb in the front yard and catch a couple of escaped rodents.

When she’s got all that sorted, perhaps she’ll have time to think about the thing she’s been trying not to think about—the lump she’s just found in her breast. Because you can’t just die and leave a huge mess for someone else to clean up…can you? And wasn’t there supposed to be more to life than this?

Yups, selain dari keseharian seorang ibu dengan pekerjaan yang tak habis-habis, Kat pun sedang menghadapi dilema setelah menemukan benjolan di payudaranya. Lahir dari seseorang yang meninggal karena penyakit kanker, membuat Kat memiliki pikiran macam-macam. Belum lagi hubungannya dengan Costas sang suami yang sudah memiliki pola tersendiri yang dibentuk karena mereka LDR-an. 

Selain sang suami, kita pun akan diajak berkenalan dengan saudara perempuan Kat yang menurut Kat mampu meraih mimpinya, teman masa kecil Kat yang saat ini hidupnya seolah sempurna di mata Kat, pasangan homo tetangga Kat yang senang mengomentari Helli. Dan tentu saja, kita diperkenalkan dengan Alex, anak pertama yang menjadi gambaran anak ideal, passed his milestone etc, dan Helli, anak kedua Kat yang terdiagnosa ADHD. 

My Take

Buku ini sebetulnya hanya menceritakan bagaimana Kat menghadapi dan menjalani akhir pekannya, tapi aspek kehidupan Kat diceritakan secara detail. Seperti buku bertema slice-of-life lainnya, alur cerita terasa lambat di tiga perempat buku, tapi buat saya ngga membosankan kok. 

Baca Juga: The Paper Magician Review

Kenapa ngga membosankan? Mungkin karena buku ini relatable banget buat saya. Bukan soal tidak mencapai aspirasi ya, tapi tentang pekerjaan seorang ibu dan alur berpikir perempuan yang memang bisa multi-task dan loncat-loncat. Krügel mampu memadukan hal sepele dengan hal yang besar. Kita diajak untuk mengikuti pemikiran-pemikiran kontemplatif Kat meski Kat sedang melakukan kegiatan yang simpel. 

Kondisi Helli pun tidak dibuka di prolog, tapi kita justru mendapati diagnosa Helli setelah membaca beberapa puluh halaman. Saya sempet kesel banget sama Helli, dan kesel sama Kat karena seolah-olah terlalu memanjakan Helli dan memaklumi sikapnya. Tapi setelah tahu Helli memiliki ADHD ya, ada empati untuk Helli dan Kat. Apalagi Kat harus mengurus rumah, anak, dan juga bekerja tanpa Costas kan. 

Overall, saya cukup menikmati buku ini dan saya berikan 4 out 5 stars. Kenapa cuma 4? Endingnya agak diburu-buru buat saya. Tapi kalo ngga begitu mungkin kita sebagai pembaca udah keburu bosen ya. 

Buku ini saya rekomendasikan untuk siapapun yang ingin memahami bagaimana wanita berpikir. Welcome to a chaotic life of a momma. 

Book details: 

Judul: Look At Me

Pengarang/Penerjemah: Mareike Krügel/Imogen Taylor

Publisher: Text Publishing Australia

Bahasa: Inggris

Price: US 7.99 in Kindle Store

See you on other scriptake: 

Disclaimer: I receive the copy of this book from Netgalley in exchange of Honest Review

Leave a Reply

Your email address will not be published.