Tampil Keren dengan Padu Padan Warna

Siapa yang sering banget diem di depan lemari karena bingung padu padan warna pakaian? Atau siapa yang sering bolak-balik nanya ke orang rumah, ‘warna ini kalo dipake sama warna ini, oke ngga’? I’m definitely raising my hand karena emang sering banget ngelakuin itu, padahal koleksi baju saya ngga banyak dan warnanya cenderung itu-itu aja. Tapi saya paling payah dalam padu padan warna. Kalo soal model mah, pilihan model baju saya terbatas.

Menyadari bahwa saya paling ngga bisa match warna, L jadi sasaran pertanyaan saya dan pemilik hak veto kalo ada warna yang ngga oke dicampur sama yang lain. Tapi, as you know, kalo spektrum warna laki-laki itu lebih sedikit dibanding perempuan, kadang L bete karena menurut dia baby pink sama dusty pink itu sama aja pink. Akhirnya saya berpaling pada aplikasi yang ada di handphone; Pinterest, buat tau kombinasi warna apa aja yang ok.

Setelah menghabiskan beberapa waktu untuk mempelajari soal warna dan menumbuhkan rasa percaya diri pake warna terang, ketergantungan saya pada L soal mix and match warna pakaian semakin berkurang. Dan berikut adalah beberapa inspirasi untuk padu padan warna cantik.

1. Go With Gradation

Pelajaran padu padan warna yang paling saya ingat dari ibu saya adalah sesuaikan dengan gradasi warna. Jadinya kalo pake baju daleman merah ati, luaran bisa merah muda, kerudung bisa merah atau pink. Pokoknya masih dalam satu kelas warna, dari yang tertua dan termuda supaya tampilan ngga plek-plekan merah ati semua.

Gradasi warna ini cocok dicoba buat yang masih coba-coba alias beginner color mix-matcher.

Contohnya adalah gambar di bawah ini:

Padu Padan Warna - Go With The Blue

Ada gradasi warna biru, dari biru laut sampai biru dongker. Blouse warna biru laut, dipadukan dengan high waisted pants royal blue dan aksesoris yang serba biru. Ssst, supaya lebih maksimal, boleh loh kalo mau ditambah aksen winged blue eye-liner.

Warna biru ini cocok kok dipake untuk segala acara, tinggal disesuaikan dengan modelnya. Kalo yang ilustrasi diatas sih, cocoknya buat busana kantor. Meski kalo kita ganti blus dengan kaos, high heels dengan pump shoes, siap deh buat hang out di mall.

2. The Color Wheels

Dalam dunia desain, ada yang namanya color theory. Jadi warna-warna yang ada dalam color wheels, itu bisa dipadu padankan dengan tepat sambil mengikuti pola tertentu. Si teori warna ini, bisa diaplikasikan bukan hanya untuk fashion, tapi juga untuk pemilihan warna apapun.

Dan roda warna yang saya maksud adalah:

Roda Warna

Foto dari sini

Ada 6 aturan dari roda warna ini; Complementary (atau yang biasa kita sebut dengan warna kontras), Analogous ( atau si gradasi warna yang sudah sempat kita bahas), Triadic (kombinasi tiga warna), split complementary (kombinasi 3 warna kontras). Rectangles dan Square atau kombinasi 4 warna kontras.

Berikut adalah contoh dari split complementary yang mungkin bisa dicoba, tapi saat menggunakan ini, level pede juga harus tinggi karena langsung menggunakan tiga warna kontras. Cocok deh buat intermediate color mix-matcher.

Padu Padan Warna - The Split Complementary

 

Warna untuk split complementary yang saya pilih sebagi ilustrasi adalah kuning, biru dan pink. Perpaduan tiga warna ini bikin kita terlihat daring yet sweet. Aksesoris pun dipilih dari perpaduan warna tersebut. Anting dan kalung warna biru supaya match sama blazer tapi kontras sama dalaman pink. Sepatu pink supaya terlihat chic dan kontras dengan bawahan kuning, serta tas dengan kombinasi pink dan kuning untuk mempermanis penampilan.

Menurutku sih, karena outfit sudah colorful, riasan mungkin dijadikan minimalis. Pulasan lipstik warna pink cenderung nude (apa ya? Rosy gitu?) dan eye liner item tipis udah bisa bikin kamu siap puol datang ke acara semi formal. Ganti blazer dengan cardigan, dan dari acara semi formal bisa langsung lanjut ke acara kasual.

(Baca juga: Hijab Instan, Hijab Kekinian)

3. From The Pattern

Ngapalin color wheels dan aturan basic yang 6 itu kadang kan sulit buat ibu-ibu ya. Sehari-hari aja udah banyak yang harus diinget, apalagi ditambah sama color wheels supaya bisa tampil cantik dan menarik. Nah, one of cheat codesnya adalah dengan menggunakan motif pakaian itu sendiri. Buat yang punya banyak pakaian bermotif, warna – warna dalam motif tersebut bisa banget dijadikan bahan acuan untuk padu padan warna.

Buat yang suka padu padan motif sih, mau tabrak motif dan warna juga ga masyalah. Tapi kalo yang masih coba-coba let’s have only one patterned clothes. Padu padan warna  dengan panduan motif baju bisa digunakan siapa saja. dari level beginner hingga expert. Jumlah warna atau motif yang dipakai bisa disesuaikan dengan keinginan.

Padu Padan Warna - From Pattern With Love

 

Contoh yang saya pakai adalah tanktop beige dengan motif garis zig zag warna-warni. Garis inilah yang saya jadikan panduan untuk padu padan dengan fashion item lainnya. Supaya lebih berwarna, saya menggunakan kombinasi empat warna; pink fuchsia, beige brown, green army and bluish green. Ini mirip mirip lah dengan rules ke 6 dari color wheels alias si Square.

Atasan motif dipadukan dengan bolero fuchsia dan celana beige. Supaya centre of attention ada di bagian atas, jangan lupa untuk pakai lipstik warna fuchsia juga. Aksesori dipilih yang bernuansa cool dari warna hijau dan coklat supaya ngga terlalu nge-bold dan nabrak sama fuchsia. Lagi pengen pake kuteks? Pake yang warna coklat atau gold biar makin keren.

Warna pakaian dari ilustrasi ini cocoknya digunakan ke acara casual, kalo mau ke semi formal ganti model sepatu sama tas and you are ready to go.

4. The Basic Colors.
Selain warna putih dan warna hitam yang cocok di semua kondisi dan bisa dipadu padankan dengan warna apa saja. Saya punya dua pilihan warna lain; Abu-abu dan Nude.

I super love warna abu-abu. Once upon a time, my closet is dominated by grey. Saya suka abu-abu karena cocok dipadukan dengan warna yang lain seperti biru navy, merah ati, ungu dan beberapa warna lain.

Selain itu warna-warna nude memenuhi koleksi tas dan sepatu. Karena itu masuk di berbagai kesempatan dan acara. Ngantor oke, kondangan bisa, jalan-jalan keluarga juga.

Padu Padan Warna - Grey Family

Dari contoh keluarga abu-abu diatas, kita bisa lihat bahwa warna ini emang cocok dipake kemana aja. Casual vibes dapet pas pake sweatshirt/dress, jeans, slip on shoes and sling bag. Serious vibes juga dapet dengan setelan celana dan blouse. Mau tampil elegan, dress abu-abu dipadu dengan high heels dan riasan smokey eyes juga oke banget.

My tips on using grey color adalah, pilih kombinasi warna terang seperti fuchsia atau royal blue untuk menciptakan kesan yang boldly attractive atau warna manis seperti  pink atau light blue untuk menciptakan kesan cute.

Contoh warna yang kedua adalah warna nude. Ini warna memang sangat playing safe. Lebih aman dibanding sama abu-abu.

Padu Padan Warna - Nude Group

 

Saya yakin, semua perempuan pasti punya at least satu item fashionn dari kumpulan warna nude ini. Selain warna yang aman untuk dipadu padan dengan warna lain, bisa digunakan dalam berbagai macam kesempatan, warna nude ini membantu membuat kesan elegan dan dewasa.

Warna nude cocok dipadukan dengan warna bold seperti merah cabe supaya terkesan daring. Apalagi kalo pake jumpsuit nude, tatanan rambut disanggul dan sapuan warna merah di bibir. Eh jangan lupa winged eyeliner hitam. Then voila you are ready to roar.

Kalo mau di tone down, dengan riasan manis dan tambahan warna-warni pastel kamu bisa terlihat chic, casual yet elegant.

Itu dia, inspirasi dari saya supaya kita bisa tampil keren dengan padu padan warna.
Semoga bisa membantu semua ya.

Love,

Tulisan ini dipost dalam rangka #kebloggingcollab kelompok Raisa.
Semua ilustrasi inspirasi disusun sendiri oleh penulis dengan bantuan polyvore.com. Link ke set polyvore sudah ditanam otomatis di dalam gambar (Click the pic for the fashion items’ detail)

 

Yuk, cek posting-an temen-temen KEB lainnya:

Tampil Keren dengan Mix and Match Busana oleh mak Ery

Tampil Keren Saat Travelling ala Life Style Blogger oleh Mak Dira

Tampil Keren Dengan Mix And Match Ala Merve Dagli oleh Mak Merida

Tampil Keren Saat Liburan dengan Mix and Match oleh Mak Ima

Tampil Keren dengan Busana Muslim Batik oleh Mak Farida

 

You may also like

9 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.