The One That Got Away: Clinelle Pure Swiss Hydracalm Lotion Review

Bulan Maret lalu, setelah coba-coba menggunakan COSRX AHA-BHA Exfoliating Toner, saya baru sadar jika toner itu ada dua jenis; exfoliating dan hydrating toner. Terus menurut yang sudah saya baca-baca, kalo pake exfoliating toner itu harus pake sunblock dan hydrating toner. Jujur saya sempat skip hydrating toner, dan meskipun ngga kenapa-napa tapi setelah tahu urutan yang bener ya kan rasanya pengen juga nyobain. Saya sempet cari-cari via online untuk hydrating toner, tapi masih belum nemu, sampai sekarang.

Pas jalan-jalan ke mall, saya pun mampir ke salah satu drugstore, dan tergoda promosi si SPG untuk beli si Clinelle ini yang waktu itu sedang promo. Dari info yang saya dapatkan sih Clinelle Pure Swiss Hydracalm Lotion ini cocok untuk semua jenis kulit, kulit sensitif sekalipun. Apalagi Lotion dari Clinelle ini ngga mengandung pewarna buatan,  pewangi buatan,  Lanolin,  SD-Alkohol,  bahan komedogenik dan Paraben. Akhirnya benda ini sukses masuk ke keranjang belanja untuk dibayar di kasir.

Klaim dari produk ini antara lain adalah; menutrisi, merawat & mengembalikan kondisi kulit wajah, memperhalus pori-pori, meningkatakn penyerapan produk perawatan kulit wajah, dan menyegarkan serta melembutkan kulit. Isinya ada apa aja? Dari website resmi mereka, saya dapet contekan di bawah ini:

Aqua (Water), Glycerin, Pentylene Glycol, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Ppg-26-Buteth-26, Allantoin, Chlorphenesin, Peg-40 Hydrogenated Castor Oil, Sodium Benzoate, Bis-Peg-18 Methyl Ether Dimethyl Silane, Carrageenan, O-Cymen-5-Ol, Sodium Hydroxide, Propylene Glycol, Tetrasodium Edta, Pelargonium Graveolens Flower Oil, Hydrolyzed Algin, Citronellol, Geraniol, Linalool, Maris Aqua (Sea Water), Cassia Angustifolia Seed Polysaccharide, Citric Acid, Chlorella Vulgaris Extract, Phenoxyethanol, Hypericum Perforatum Extract, Anthemis Nobilis Flower Extract, Calendula Officinalis Flower Extract, Centaurea Cyanus Flower Extract, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Tilia Cordata Flower Extract, Hydroxyethylcellulose, BHT

Setidaknya ada 7 ekstrak tumbuhan, yang mana dilihat dari cosdna, 2 esktrak untuk fragrance dan yang lainnya untuk astringent dan anti radang. Astringen ini berfungsi untuk mengencangkan kulit dan menghaluskan pori-pori.

Dikemas dalam bentuk botol plastik warna biru ukuran 180ml, membuat isi di dalamnya lumayan banyak. Saya kemudian memindahkan ke botol kecil supaya lebih gampang dibawa travelling. Kemasannya sendiri memberikan kesan dingin, apalagi di konsep dan bahan-bahan produk ini kan ada sea water segala, jadi cocok lah dengan warna biru yang mendominasi kemasan. Selain itu, di dalamnya ada tutup flip-top lagi supaya lebih aman dan ngga gampang tumpah. Well, sebetulnya flip-top ini bikin lotionnya nyiprat sih pas kita nutup, jadi mesti hati-hati banget.

Secara tekstur, Clinelle Pure Swiss Hydracalm Lotion ini memiliki tekstur yang watery, tapi ngga secair toner biasa ya. Agak lebih kental sedikit dari toner di pasaran. Wangi produk sendiri wangi bebungaan tapi samar, jadi enak banget pas dipakai karena ngga nyegrak. Lotion ini ringan di kulit tapi penyerapannya memang terasa agak lama. Jadi kalo abis pake ini harus ditunggu beberapa menit sebelum ke tahap skin care selanjutnya.

Setelah dipakai memang agak glowing sedikit karena menghidrasi kulit banget seperti yang bisa dilihat di gambar. Bisa dibandingkan antara yang ngga dipakein Lotion sama yang pake lotion. Yang pake lotion terlihat lebih lembab.

Meski review bagus tadi, tapi ternyata produk ini tetep ngga cocok buat kulit saya. Setelah pake ini rasanya panas dan gatel-gatel. Awalnya sih ngga berasa, bulan Maret itu beneran bulan madu sama si lotion ini. Tapi setelah saya pakai pas hamil, kok jadi iritasi.

Awalnya mengira yang bikin iritasi hanya si Mizon Vita Lemon Calming Cream, tapi pas saya berhenti pakai, kok masih ada efek iritasi. Setelah observasi dari hari ke hari, akhirnya makin berasa gatal-gatal beberapa detik setelah pakai Lotion ini. Akhirnya aku harus melungsurkan juga lotion ini dan kembali berburu toner.

Setelah dibandingkan ingredientsnya, saya mendapatkan ada persamaan antara lotion dan cream yang saya pakai; Castor Oil. Beda di kadar atau tipenya aja kali ya. Mizon Vita Lemon Calming Cream itu menggunakan Peg-60 Hydrogenated Castor Oil, sedangkan Clinelle Pure Swiss Hydracalm Lotion ini menggunakan Peg-40 Hydrogenated Castor Oil. Saya agak-agak familiar dengan nama castor oil ini, kalo ngga salah pernah saya pakai untuk perawatan rambut but it did not worked karena keburu iritasi juga. So, the culprit found, Castor Oil inilah penyebabnya.

To sum up on the product review, here’s the pros: Wanginya enak, sangat menghidrasi kulit.

And the cons: Flip top agak ganggu karena nyiprat pas ditutup, penyerapannya lama.

 

The product details:

Volume: 180ml

Price: Rp 199.000

Where to buy: Guardian, online shops.

 

See you on the other posts,

 

 

 

2 thoughts on “The One That Got Away: Clinelle Pure Swiss Hydracalm Lotion Review

Leave a Reply

Your email address will not be published.