etc

Ketika Mbak Ngga Balik Lagi

June 12, 2019

Ramble

Apa yang paling ditakutkan ibu pekerja ketika libur lebaran usai? Kalo versi saya sih adalah ketika Mba ngga pulang lagi. Well, setelah 2 lebaran terakhir tidak khawatir karena pengasuh di rumah, Bibi, balik lagi setelah lebaran, kali ini saya harus merasakannya.

Sebetulnya sih saya tahu kalo pengasuh Fath, Mba D, memang ngga akan balik lagi pasca lebaran karena akan ikut suaminya ke Batam. Tapi sebelum Mba D pulang kita sudah punya 3 calon yang akan menggantikan; adiknya Mba D, Mak Ap, dan Teh E. Saya merasa aman lah ya, ngga khawatir tuh karena mereka semua bilang available dan bisa.

Ndilalah, adiknya Mba D dilarang pergi sama anaknya karena lagi hamil dan suami anaknya ini akan ikut Mba D ke Batam. Mak Ap, ngga lulus seleksi karena setelah ditelaah lebih lanjut udah terlalu sepuh dan minta pulang 2 bulan sekali dengan durasi 10 hari. Teh E tetiba dibawa ke Palembang sama majikannya, dan malah ngga bisa pulang saat lebaran.

Informasi itu diketahui kapan? tanggal 7 Juni dongs. H-3 sebelum masuk kerja.

Akhirnya saya dan L membuat beberapa plan; cari sendiri via sosmed, menghubungi makelar/agen. kalo mentok juga ya rencananya kita akan titip Fath di rumah ibu saya.

Perjalanan mencari Mba ini cukup rumit ternyata. Saya mencari via facebook, dan nemu yang mau kerja, tapi pas di hari H ngga jadi karena anaknya ngamuk ngga mau ditinggal. Pesan-pesan yang dikirim ke kandidat potensial lainnya malah tidak terbalas.

Di agen sih ada..tapi rata-rata menawarkan mba usia 18 – 23 tahunan dan minta gaji di 2 – 2,2 juta. Saya emang cari ART Momong, jadi ngasuh iya, ngerjain kerjaan rumah juga iya. Tapi buat kerjaan rumah bisa dikerjain bareng karena ada Bibi.

Ngambil di agen alias makelar juga ngga murah loh, dari 3 yang saya hubungi itu biaya admin dari 1,2 – 2,2 juta dengan garansi 2 -3 bulan saja dan 1 kali ganti. Agak mikir-mikir juga jadinya kan.

Kenapa ngga ke yayasan? Karena kalo yayasan gaji + biaya adminnya bisa lebih wah lagi.

Kenapa ngga ke daycare? L ngga mau kalo anaknya di daycare, lebih baik sama dia aja di rumah dibantu Bibi.

Terus sekarang gimana? Sekarang masih nyari nyari personal, dengan mengandalkan the ART’s network, jadi ART yang disekitaran rumah kita tanya-tanyain juga kali aja ada sodaranya yang lagi cari kerja. Juga nyari-nyari lewat japri ke temen-temen siapa tau ada kenalan kan yha.

Lalu apa faedah postingan ini? Ngga ada hahaha. Ini supaya saya ngga stress aja karena ngga dapet yang gantiin Mba D. Eh kalo ada yang mau nomer penyalur bisa email aja ya atau colek di IG @giftalvina.

Cheers yang ngga cheers-cheers amat,

Leave a Reply

Your email address will not be published.