Health | Pregnancy

Apakah Aman Mengkonsumsi Minyak Ikan Saat Hamil?

June 16, 2019
Multivitamin untuk ibu hamil

Omega-3 mengandung multivitamin ibu hamil dengan DHA tinggi. DHA (docoasahexaenoic acid) adalah semacam asam lemak yang memiliki fungsi positif dalam perkembangan otak bayi. Tetapi yang selalu menjadi pertanyaan adalah apakah aman mengkonsumsi minyak ikan saat hamil?

Jawabannya adalah iya dan tidak. Ada dua jenis suplemen minyak ikan. Satu aman untuk dikonsumsi saat hamil, dan satu tidak:

• Suplemen yang terbuat dari daging ikan, sering disebut suplemen omega-3, aman dikonsumsi saat hamil. Namun, Anda perlu memeriksa bahwa tidak ada lagi yang ditambahkan ke suplemen.
• Suplemen yang dibuat dari hati ikan, seperti minyak ikan cod, tidak aman dikonsumsi saat hamil.

Kedua jenis suplemen minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 rantai panjang yang bermanfaat, yang membantu otak dan mata bayi Anda berkembang. Dalam jangka panjang, mereka juga dapat membantu melindungi Anda terhadap penyakit jantung.

Namun, minyak hati ikan kod juga mengandung vitamin A dalam bentuk retinol tingkat tinggi. Anda tidak boleh mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin A bentuk retinol saat Anda hamil, karena sejumlah besar retinol dapat membahayakan bayi Anda.

Tidak ada rekomendasi resmi bahwa wanita hamil harus mengonsumsi suplemen minyak ikan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bayi yang lahir dari wanita yang mengonsumsi asam lemak rantai panjang omega-3 memiliki berat lebih sedikit dan kecil kemungkinannya untuk dilahirkan lebih awal.

Selama kehamilan, Anda membutuhkan 200 miligram DHA setiap hari untuk membantu otak dan mata bayi Anda berkembang. Tidak semua vitamin prenatal mengandung DHA, jadi tanyakan kepada dokter Anda jika Anda perlu mengonsumsi suplemen DHA. Dapatkan di goapotik.com, multivitamin ibu hamil paling lengkap

Anda juga bisa makan makanan yang mengandung DHA di dalamnya. Sumber-sumber DHA yang baik meliputi
• Ikan yang rendah merkuri, seperti herring, salmon, trout, teri dan halibut. Selama kehamilan, makanlah 8 sampai 12 ons jenis ikan ini setiap minggu.
• Jus jeruk, susu, dan telur yang mengandung DHA

Saran pemerintah adalah agar kita semua makan lebih banyak ikan, dan hingga dua porsi seminggu bisa menjadi ikan berminyak. Ikan berminyak akan memberi Anda banyak asam lemak omega-3, serta vitamin, mineral, dan protein lain yang tidak akan Anda dapatkan dari hanya mengonsumsi suplemen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.