Ukuran Perut Ibu Hamil, Penting Ngga?

Dalam kehamilan kali ini, saya mengikuti beberapa forum ibu hamil dalam negeri. Bukan mommiesdaily, tapi forum di dalam aplikasi Teman Bumil dan The Asian Parent. Awalnya sih hanya iseng, tapi ternyata seru bisa berbagi pengalaman sama ibu-ibu lainnya dengan konteks dan referensi yang sama. Soalnya pas kehamilan pertama dan kedua saya jadi silent reader di forum aplikasi kehamilan luar negeri jadi kadang referensi mereka sama saya beda.


Salah satu thread atau pertanyaan yang sering muncul adalah soal ukuran perut ibu hamil. Pertanyaan seperti; “Kehamilan saya sudah sekian minggu, tapi kok perut saya belum kelihatan besar ya?” atau “Bun, saya hamil sekian minggu, perut saya segini, normal ngga ya, Bun?” sambil disertai foto perut masing-masing.

Saya yang memang dari kehamilan pertama ngga terlalu concern masalah apakah perut saya sudah gede apa gimana, tergelitik jadi penasaran juga. Apakah ukuran perut pada ibu hamil akan mempengaruhi janin, kehamilan atau cara persalinan? Apakah ada range normal ukuran perut ibu hamil?

Setelah baca baca dari beberapa situs, akhirnya saya mendapatkan informasi bahwa sebetulnya ukuran besar kecil perut pada ibu hamil tuh tidak bisa jadi indikasi janin, kehamilan atau cara persalinan.

Ada banyak faktor kenapa perut Ibu A terlihat lebih besar dari Bunda B di usia kehamilan yang sama. Bisa dari ketebalan kulit perut, katanya sih kalo kulit perutnya tipis maka akan terlihat lebih menonjol, bisa juga dari posisi bayi, dan juga dari postur tubuh Ibu.

Sedihnya, banyak yang insecure soal ukuran perut ini karena suka ditanyain tetangga usil kenapa perutnya kecil atau belum keliatan.
Kenapa dari sekian banyak pertanyaan soal kehamilan, yang usil ditanyain adalah tentang ukuran perut?

So buat bumils di luar sana. Jangan risau soal ukuran perut kita saat hamil. Jika ada yang usil bertanya kok perutnya kecil sih? Mari kita hadapi dengan senyuman, atau bilang aja iya bu, kulit perut saya tipis soalnya ngga banyak lemak, jadi perutnya ngga keliatan banget.



Cheers,

Leave a Reply

Your email address will not be published.