Family Trip: Central Java Road Trip Part 2

Holaa,

Sudah pada baca day 1 – day 4 kami di road trip Jawa Tengah kan? Belum? Bisa cek di sini ya.

Okay setelah menutup hari keempat dengan makan bakso, kita lanjut ke hari selanjutnya.

Day 5 Malioboro – Tengkleng Mba Diah Solo – Rumah Jokowi – Semarang

Check out dari Grand Serela Yogya sekitar jam 10 pagi, terus langsung cuss ke arah Solo. Tapi sempet mampir ke Jalan Malioboro hanya untuk kelilingin jalan aja. Parkir di jalan kecil deket Pasar Beringharjo, lalu muterin Malioboro dari ujung ke ujung pake Becak Motor. Lumayan lah liat liat sambil ngasuh bocah kan ya.

Selesai ngelilingin Malioboro, kami sempet mampir di Bakpiaku, tapi bakpianya abis. Padahal Mama L pengen banget nyobain dan beli buat oleh oleh. Tapi saya dapet Irvins dan Keripik Rasa Lokal disini. Lumayan lah jadi ngga balik ke mobil dengan tangan hampa.

Setelah itu mobil dipacu menuju Solo dengan tujuan Tengkleng Mba Diah Solo. Again, we have late lunch untuk yang kesekian kalinya di liburan kali ini. Sampai di Tengkleng Mba Diah sekitar jam 3 sore. Selesai menyantap makan siang, kami pun sengaja ke daerah Rumah Jokowi untuk menghabiskan penasaran. Sampe sih depan rumahnya. Cirinya adalah rumah itu ada mobil paspampresnya. Haha, receh banget emang ya nyamperin rumah pak presiden dan bilang itu rumahnya dia karena ada mobil paspampres.

Meninggalkan Solo jam 5 sore, dan tancap gas ke Semarang melalui jalan arteri. Jalanan cenderung lancar kok, apalagi pas di tol. Beuh, lancar banget. Hanya saja uniknya di jalan utama yang saya lewati sebelum lewat tol, angkutan kendaraan super besar menyemut di jalur kanan. Jadi kata papa L, di Pantura memang begitu apalagi untuk trek nanjak. karena kalo truk gede itu ada di kiri, pas ada gangguan dan harus berhenti seperti ada angkot yang berhenti atau apalah, takutnya truknya ikut-ikutan mati.

Sampai Semarang, yang kami lakukan pertama kali adalah mampir ke Jalan Mataram demi wedang ronde dan tahu petis. Tapi, jreng jreng, udah habis aja dong. Akhirnya kami pun mampir di Wedang Es Puter Pak Kirman di Jalan MT Haryono untuk menghilangkan penasaran dan kerinduan akan wedang Semarang.

Setelah makan, kami pun langsung check in ke Hotel Wimarion Semarang, mandi dan menutup hari dengan mie instan sebelum tidur.

(Baca Juga: Family Trip – Semarang Holiday 2016)

Day 6 Berenang – Sowan – Pasar Pengasapan Ikan Bandarharjo – Sowan Part 2 – Wedang Ronde Mataram – Toko Batik Benang Raja

Sepertinya hari ke 6 ini menjadi hari yang paling padat sepanjang liburan. Pagi hari kami habiskan dengan berenang di kolam renang hotel. Setelah itu, selepas Dzuhur kami pun meninggalkan hotel dan berhenti 200m di depan hotel untuk makan di warteg. Hari ke 6 ini menjadi hari pertama kami lunch tepat waktu! Makan di warteg depan hotel hanya karena ada running text yang mana menunjukkan warung tersebut menyediakan Mangut, salah satu makanan favorit Papa L.

Sowan part 1, kami berkunjung ke rumah Bude Nik, kakaknya Papa L. Setelah ngobrol sebentar, kami pun beranjak ke Pasar Pengasapan Ikan Bandarharjo demi beli ikan asap yang akan dibawa ke Jakarta untuk dibikin mangut bersama Bude Nik dan suaminya.

Selesai dari Pasar Ikan, kami pun kembali mengunjungi saudara Papa L, kali ini ke rumah Eyang Tante, yang sebetulnya adalah adik dari Mbah L, tapi karena masih cukup muda, selalu membahasakan dengan Tante. Dilanjut ke rumah Pakde Pri untuk menemui keluarga Pakde karena sebetulnya Pakde Pri sendiri sedang berada di Jakarta.

Jam 6 sore, kami langsung meluncur ke Wedang Ronde Mataram untuk menghabiskan rasa penasaran dan rindu. Selesai bersantap disana, kami berpisah dengan Bude Nik dan ke Benang Raja untuk beli batik. Habis dari situ kami kembali ke hotel.

Day 7: Wingko Babat Cap Kereta Api – Kawasan Kota Lama – Soto Bangkong – Pekalongan – Cirebon

Di hari terakhir kami di Semarang, kami check out pukul sepuluh pagi. Sempat mampir ke rumah Bude Nik juga untuk bawa ikan asap yang kemarin di beli.

Selesai dari rumah Bude Nik, giliran beli oleh oleh ke Wingko Babat Cap Kereta Api. Lokasinya deket banget sama kawasan kota lama. Kami sempet mampir ke kota lama, tapi cuma keliling aja pake mobil. Ngga keluar dan ngga foto foto karena panas dan dipikir pikir mirip lah sama kota tua Jakarta.

Sebelum meninggalkan Semarang, lunch dulu di Soto Bangkong. Akhirnya kesampaian makan disini, haha. Habis itu kami langsung cuss menuju Cirebon.

Di jalan sempet mampir beli duren lagi di Batang. Tapi ngga dibawa pulang sih, cuma makan di tempat. Terus mampir lagi di Pekalongan ke rumah adiknya Mbah L, tapi ini Mbah dari pihak ibu. Ngobrol ngobrol dulu sebentar di situ, terus mama L penasaran sama serabi solo yang dijual di Jalan Sultan Agung. Akhirnya beli buat cemilan di jalan.

Kami bergerak meninggalkan Pekalongan jam 6 sore, dan Alhamdulillah banget ngga macet pas di jalan menuju Cirebon. Sempat juga beli telor asin pas sebelum masuk tol Brebes.

Sampai Cirebon, kami pun langsung singgah ke Nasi Jamblang Mang Dul. Tapi kali itu kami langsung take away karena udah malem serta baby F udah ngantuk dan cranky. Di Cirebon kami menginap di hotel Verse yang terletak di Jalan Tuparev.

Day 8: Batik Trusmi – Empal Gentong Amarta – Jakarta

Hari terakhir! Setelah breakfast dan check out jam 10 pagi, kami menuju Batik Trusmi. Liat liat batik lagi dan beli sirup Jeniper khas Kuningan yang jadi favorit mama L. Selesai belanja batik di Batik Trusmi, saatnya mengisi perut sebelum pulang ke Jakarta.

Sejak pertama kali singgah di Cirebon tahun 2013, L cocoknya sama Empal Gentong Amarta. Bumbunya kata berasa banget. Saya & L pesen Empal Gentong dan Mama Papa L pesan Empal Asem. Baby F? Sukses bobo selama makan jadi dia lunch pake french fries ketika bangun di rest area.

Kami meninggalkan Cirebon sekitar pukul 2 Siang dan sukses sampai di Jakarta jam 6 sore. Kemacetan terjadi setelah masuk Cikampek, seperti biasa.

Finally!! 8d7n road trip berhasil kami lewati. it was tiring yet superfun!! Below is our road trip in number

Ini Recap Itinerary-nya ya. Siapa tau bisa membantu buat yang mau melakukan road trip juga.

Nextnya saya bakal bikin review untuk tempat yang dikunjungi dan makanan yang dicicipi. Semoga series ini bisa selesai ya..

Jangan lupa baca seri tulisan #RoadTripCentralJava yang lain ya:

Itinerary Road Trip Part 1

Makan Sate Cempe Kapis 85 di Pekalongan

Kuliner di Magelang: Kupat Tahu Warung Pojok

Menginap di Grand Serela Yogya

Semalam di Sahid Mandarin Pekalongan

Mengintip Taman Sari

See you on my next post,

You may also like

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.