FamilyTrip – Semarang Holiday

Minggu kemarin, saya, L, baby F dan keluarga L liburan di Semarang.
Awalnya sih karena saya ada Business Trip di kawasan Semarang terus L melempar wacana untuk sekalian liburan, dan jadilah sekeluarga berangkat. Kebetulan di Semarang juga ada sodara sodara papanya L.

Saya, L dan baby F berangkat duluan karena saya harus supervisi survey di hari Rabu, sedangkan Mama, Papa dan adik L menyusul di Jumat.

Disana ngapain aja? Dari Rabu sampai Jumat sih saya kerja, L dan baby F ngendon di hotel ??.

(anggap aja) Day 1

Baru Jumat malem, kami semua makan di Gulai Kepala Ikan Pak Untung di Jl. Siwalan. Tempat makan ini merupakan rekomendasi dari saudara yang tinggal di Semarang. Katanya yang terkenal adalah gulai kepala kakap, tapi sayang  pas kesana, kepala kakap udah out of stock. Mungkin karena kami kesana udah malem kali ya, jadi banyak yang udah abis.

Kalo diliat dari menunya, hidangan ikan disini terbagi menjadi 3; kepala, ekor sama fillet yang bisa disajikan dalam bentuk gulai, sop atau goreng dengan beberapa pilihan saus seperti sambal terasi, saus padang, tauco atau rica-rica.

Waktu itu saya cobain udang saus padang, fillet salmon goreng, terpedo (telor ikan kakap) goreng, sama cah kangkung. Rasanya? Saos padangnya top, tapi yang lain biasa aja. Mama L cobain sop ikannya dan menurut beliau sih endeuus.

Maap ngga ada foto foto pas makan disini, soale tangan dipake buat ngegendong baby F.

(Baca juga: Family Trip: Central Java Road Trip Part 1)

Day 2

Sabtu pagi, saya dan L ngga bisa leyeh leyeh atau wake up late karena itu jadwal kami buat keliling keliling Semarang. Setelah gantian sarapan sama Mama dan Mel (adiknya L), saya mandiin baby F n dandanin dia, baru sekitar jam 10 kami berangkat dari hotel.

First stop, kami ke Candi Gedong Songo di wilayah Ungaran. Ada yg menarik pas lagi di jalan menuju candi, yaitu sebuah rumah yg cukup artsy terletak di pinggir jalan menuju Gedong Songo. Rumahnya kayak akuarium gitu dan di dalamnya ada beberapa barang seni.

Untuk masuk ke Candi Gedong Songo, wisatawan lokal dikenai biaya 10ribu per orang. Candi Gedong Songo ini terdiri dari 9 candi yang letaknya lumayan berjauhan. Kalo ngga mau cape, pengunjung bisa menggunakan kuda seharga IDR 80ribu.

Awalnya kami pede banget mau nanjak, tapi baru sampe Candi Gedong Satu kami merasa lelah dan ends up dengan sewa tiker buat duduk duduk dan makan jagung rebus.

Kami bergerak dari Gedong Songo selepas dzuhur. Dari Gedong Songo kami ke Ambarawa untuk makan siang. Rencananya Pak De sih mau ngajak kita ke Benteng bekas peninggalan Belanda. Tapi ngga jadi karena pada ngga mau.

Alhasil kami cuma makan di warung makan pinggir jalan yang sambelnya enak. Sayangnya, saya lupa nama dan alamat persisnya.

Next, kami ke Vihara Buddaghaya atau Watugong . Disini kami beneran cuma mampir buat foto foto dong

Dari vihara ini kami pun meluncur ke Sam Po Kong. Kami ngga sempet buat beli tiket terusan disini karena pas sampe udah jam 5. Jadi waktu kunjungan hanya digunakan untuk foto.

Saya sempat hunting foto sendiri dan membiarkan baby F digendong papanya. Pas asik asiknya foto di ujung lapangan, baby F tetiba nangis kenceng dan saya lari2 dari ujung lapangan sampai ke tempat baby F di tengah lapangan. Tapi pas disamperin, baby F udah anteng dan L bilang nangisnya ngga sekenceng itu. Ffiuuh.

Selesai sesi foto di Sam Po Kong. Kita langsung cuss mampir di Lawangsewu. Untuk gedung ini kami ngga masuk, karena udah hampir magrib dan baby F udah mulai cranky. Cukup foto-foto di luar terus lanjut lagi ke Mesjid Agung di Simpang Lima.

Selesai solat magrib kita makan Ronde di Daerah Jalan Mataram (kalo ngga salah ya) sebelum cuss ke hotel buat istirahat.

Day 3

Hari terakhir di Semarang. Check out dari hotel jam 10 pagi terus langsung cuss ke rumah sodara untuk pamitan. Kami mendatangi tiga rumah dan disuguhi makanan dan minuman yang bikin kenyang. Plus dikasih bekel makanan juga buat di pesawat. Padahal flightnya cuma 1 jam ??.

Selesai sowan, kami berburu oleh-oleh: Lumpia di jalan Mataram yg harganya 1.200/ pcs, Wingko Babat dan Bandeng Presto Elrina.

Selesai belanja oleh oleh kami langsung menuju bandara. Kami sempat terjebak macet di pintu masuk Bandara karena lalu lintas yang padat dan terbatasnya lahan parkir dan perlintasan.

So that’s it! Ada beberapa tempat yang terlewat di wisata kami kali ini seperti makan di Soto Bangkong, menikmati tahu gimbal, main main di Simpang Lima, pasar Semawis dan Wisata Kota Tua.

Well, maybe next time ya!

See you on other trip ?!

(Not so) Adventurous Mom.

4 thoughts on “FamilyTrip – Semarang Holiday

  1. An impressive share, I simply given this onto a colleague who was doing just a little analysis on this. And he in truth bought me breakfast as a result of I found it for him.. smile. So let me reword that: Thnx for the treat! However yeah Thnkx for spending the time to debate this, I really feel strongly about it and love studying more on this topic. If attainable, as you turn into experience, would you mind updating your blog with more details? It is extremely helpful for me. Large thumb up for this blog submit!

Leave a Reply

Your email address will not be published.